Perlukah Update Windows?

persewaan laptop

sewalaptop.id Banyak pengguna Windows yang bertanya seberapa pentingkah Windows Update. Ada yang berpendapat bahwa Windows Update hanya menghabiskan kuota pulsa internet penggunanya tanpa adanya manfaat yang berarti. Ada juga yang berpendapat bahwa Windows Update malah menimbulkan masalah baru di PC mereka dan akhirnya menonaktifkan service update.
sewalaptop.id yang bergerak dalam bidang jasa sewa rental laptop profesional akan memberikan informasi tentang pentingnya windows update seperti pada tulisan dibawah ini.

APA Manfaat Windows Update?

Salah satu manfaat dari Windows Update adalah untuk memperbaiki bug dari sistem Windows yang mengganggu kestabilan sistem serta kenyamanan  dalam menggunakan komputer seperti contoh  sistem yang selalu crash pada saat-saat tertentu, sistem yang tidak responsif, memory leak, dan lain-lain.

Satu lagi manfaat dari Windows Update adalah untuk memperbaiki bug yang merupakan celah keamanan dari Windows. Ini sangat penting sekali karena dalam sejarah virus-virus yang menyerang Windows, virus yang berdampak paling besar adalah virus yang memanfaatkan celah keamanan dari Windows. Modus operandi dari para pembuat virus-virus ini adalah dengan melakukan reverse-engineering terhadap security patch yang sudah dikeluarkan Microsoft melalui Windows Update beberapa hari sebelumnya agar mereka dapat mengetahui bug apa yang di-patch. Dengan memanfaatkan bug inilah virus yang mereka buat akan menyerang komputer-komputer yang belum atau tidak di-patch.  Blaster, Sasser, dan Conficker adalah beberapa contohnya.

Isu yang “salah”  tentang Windows Update

Sebab pertama mengapa sebagian orang men-disable service Windows Update adalah karena mereka menganggap Windows akan men-download update setiap hari dan dalam jumlah bytes yang besar. Ini sama sekali tidak benar. Microsoft hanya mengeluarkan updates secara rutin sekali dalam sebulan—tepatnya pada hari Selasa minggu ke-2 setiap bulannya—yang dikenal dengan istilah “Patch Tuesday”. Besarnya updates yang diunduh rata-rata di bawah 100 MB (hanya untuk updates Windows).

Namun demikian, bukan berarti Windows akan sekaligus mengunduh updates pada saat anda berinternet karena ini akan menyebabkan bandwidth internet anda berkurang , yang berujung pada terganggunya kenyamanan anda saat berinternet. Di sinilah service Background Intelligent Transfer Service (BITS) berperan untuk mengatur service Windows Update agar tidak mengunduh updates pada saat anda sedang menggunakan internet. BITS mendeteksi jalur internet yang anda gunakan dan hanya menginstruksikan Windows Update untuk mengunduh bila jalur internet tidak terpakai (idle). Inilah sebabnya mengapa Windows Update memerlukan waktu berhari-hari untuk menyelesaikan unduhannya.

Sebab lainnya adalah adanya anggapan bahwa setelah meng-install updates, Windows jadi lambat atau muncul bug baru sebagai akibatnya. Walaupun tidak tertutup kemungkinan bahwa itu benar, namun sangatlah naif bila kita lantas beranggapan bahwa semua updates memiliki bug. Dan seperti yang sudah terjadi sebelumnya, Microsoft langsung bertindak bila mereka menemukan bug dalam updates yang dikeluarkan.

Notifikasi Restart Windows Update yang menyebalkan

Keluhan dari banyak orang mengenai Windows Update adalah munculnya notifikasi yang berulang-ulang untuk me-restart Windows setelah updates selesai di-install. Alasan utama perlunya untuk melakukan restart secepat mungkin adalah untuk menutup kemungkinan eksploitasi celah keamanan yang berasal dari hasil reverse-engineering security patch (yang sudah dijelaskan sebelumnya) yang bisa menyerang kapan saja. Namun demikian, notifikasi ini memang sangat mengganggu bila muncul pada saat kita sedang sibuk menggunakan komputer.

Windows Update setting

Solusi yang bisa digunakan untuk masalah ini adalah dengan mengatur Windows Update untuk menngunduh updates namun memberi kebebasan bagi pengguna untuk memilih kapan untuk meng-install updates (Download updates but let me choose whether to install them) atau untuk menotifikasi pengguna bila ada updates namun memberi kebebasan bagi pengguna untuk memilih kapan untuk mengunduh dan meng-install updates (Check for updates but let me choose whether to download and install them). Dengan cara ini, kita dapat memilih waktu yang tepat (misalnya pada malam hari sebelum kita tidur) untuk mengunduh dan menginstall updates. Dengan cara ini juga kita dapat memilih agar mngunduh sebagian dulu bila kuota internet tinggal sedikit agar tidak boros.

disini sebenarnya sudah bisa kita simpulkan sendiri, jika menurut keterangan diatas maka lebih baik kita mengaktifkan fitur windows update saja, ingat bahwa sistem yang terupdate akan lebih bagus dalam menghadapai berbagai masalah dikemudian hari

sebagai vendor penyewaan laptop terbesar di Negri ini kami berupaya agar membantu semua permasalahan teknis dan mengupdate informasi yang bermanfaat.

sewalaptop.id membuka kerjasama dalam hal sewa rental laptop baik untuk perusahaan, instansi, perguruan tinggi even organizer dan sekolah.
sewa laptop
Rukan Graha Depok Mas No.11a
DEPOK JAWA BARAT
INDONESIA
021-7758162

Author: admin

Share This Post On