Deteksi Kerusakan Laptop (part II)

sewalaptop.id, artikel dibawah ini adalan lanjutan dari “deteksi kerusakan laptop part I” kami akan mengupas beberapa permasalahan seputar laptop yang akan menjadi tambahan solusi atas berbagai kendala yang terjadi dalam dunia laptop.

sewalaptop sebagai vendor penyewaan laptop terbesar juga akan memberikan tips dan trik seputar dunia komputer pada umumnya.

 

1. Baterai laptop tidak terisi saat terhubung dengan charger

  • kemungkinan yang pertama mungkin baterai tidak pas dengan konektor, ada baiknya pastikan baterai terkoneksi dan lock dengan pengunci baterai
  • Kemungkinan kedua  yaitu kerusakan baterai. Jika baterai benar-benar tidak terisi, biasanya ada peringatan tentang “replace your battery” solusinya adalah ganti batere anda
  • kemungkinan ketiga  adalah  konektor charger. lepas batere nyalakan laptop tanpa batere, jika konektor bermasalah maka laptop akan mati. solusinya bawalah ke service laptop, bisa jadi adaptor atau memang socket charging nya.

2. Laptop hidup namun keyboard kacau

masalah pada keyboard biasanya karena driver, ada baiknya install ulang OS nya, jika ini belum menjadi solusi maka kerusakan terjadi pada modul keyboardnya, solusi nya ganti modul keyboard.

3. tombol laptop terlepas

keyboard yang lepas tombolnya jangan panik dahulu, alangkah lebih baik jika kita check dulu, tipe tombol-tombol selain chicklet sangat mudah direpair, sediakan lem selalu, amati letak pengunci kaki tuts keyboard lalu pasang menurut logika.

4. Lcd sebagian menghitam

ini berarti bahwa modul LCD/ Led anda bermasalah, solusi satu-satunya adalah pengantian unit lcd

5. laptop ketumpahan cairan

jika hal ini terjadi solusi satu2 nya adalah cepat matikan laptop, sesegera mungkin lepas batere dan balik dan diamkan laptop, jika punya hairdrayer lebih baik gunakan agar cairan cepat mengering, lebih aman lagi cari butiran silika, dan letakkan di laci anda. pastikan benar-benar kering baru nyalakan laptop

 

6. Laptop mati total.

  • Bisa jadi AC adaptor rusak dan baterai habis sepenuhnya. Pertama-tama, uji AC adaptor. Jika memang mati, ganti adaptor.
  • DC jack terlepas dari motherboard atau bahkan rusak sehingga laptop nggak memperoleh daya listrik dari adaptor AC. Maka, jack DC harus diganti.
  • Motherboard laptop rusak. Jika itu terjadi, kemungkinan besar laptop nggak layak diperbaiki, alias beli laptop baru.

setidaknya tips trik diatas akan membantu anda dalam mendeteksi kerusakan laptop

untuk part I silahkan klik disini

sewalaptop.id sebagai vendor penyewaan laptop, juga akan memberikan berbagai tips dan trik seputar penggunaan dan semua hal yang berkaitan dengan perangkat IT.

sewalaptop.id membuka kerjasama dalam hal sewa rental laptop baik untuk perusahaan, instansi, perguruan tinggi even organizer dan sekolah.
sewa laptop
Rukan Graha Depok Mas No.11a
DEPOK JAWA BARAT
INDONESIA
021-7758162

Author: admin

Share This Post On